Minggu, 19 Juni 2016

Kerajaan Buddha di Indonesia dan Peninggalannya lengkap


Kerajaan buddha di indonesia dan peninggalannya - mula-mula, ajaran buddha disampaikan oleh sang buddha siddarta gautama dari india. kemudian ajarannya berkembang ke seluruh penjuru dunia di indonesia,masuknya agama buddha seiring masuknya pengaruh ajaran buddha. dengan adanya pengaruh buddha, muncul kerajaan-keraajaan yang rajanya memeluk agama buddha. kerajaan-kerajaan yang bercorak buddha di indonesia antara lain sebagai berikut :

patung buddha di candi borobudur

2 Nama kerajaan bercorak Buddha di indonesia

1. Kerajaan Holing
Dalam berita-berita dari cina pada masa pemerintahan dinasti Tang ( 618 - 906 M ). di daerah jawa tengah terdapat sebuah kerajaan bernama holing. pada tahun 674 M, kerajaan Holing diperintah oleh seorang perempuan bernama Hsi-mo ( sima ) dibawah pemerintahan ratu sima, rakyat holing hidup makmur dan tenteram.
Pada tahun 664 M, datang seorang pendeta Buddha dari cina bernama Hwi-Ning ke holing. selama tiga tahun berada di kerajaan holing, pendeta itu berhasil menerjemahkan kitab-kitab agama buddha hinaya. peninggalan kerajaan holing berupa prasasti terdapat didesa tuk mas di kaki gunung merbabu. prasasti itu bertuliskan tahun 650 M, ditulis dalam huruf pallawa dan menggunakan bahasa sanskerta. 
2. Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan sriwijaya adalah kerajaan bercorak hindu di luar pulau jawa berdiri sekitar abad ke-7 M dan berpusat di muara sungai musi, palembang, sumatra selatan. kerajaan sriwijaya mencapai puncak kejayaannya pada massa pemerintahan balaputradewa, yaitu putra dari samarattungga dari jawa, sekitar abad ke-9.
Berita tentang sriwijaya dapat diketahui dari 7 buah prasasti yang ditemukan di sumatra. prasasti-prasasti tersebut ditulis dengan huruf pallawa dan dalam bahasa melayu kuno.
5 Macam Peninggalan kerajaan sriwijaya sebagai kerajaan hindu
- Prasasti kedukan bukit ( tepi sungai talang dekat palembang ), berangka tahun 683 M.
- Prasasti Talang tuo ( sebelah barat palembang ), berangka tahun 684 M
- Prasasti Telaga Batu ( dekat palembang ) tidak memiliki angka tahun.
- Prasasti kota kapur ( di pulau bangka ), berangka tahun 686 M
- Prasasti karang berahi ( di daerah jambi ), berangka tahun 686 M
- Prasasti palas pasamah ( lampung ). diduduki sriwijaya pada akhir abad ke-7 M.
- Prasasti Bukit siguntang ( palembang ) tidak memilikki angka tahun.
Peninggalan sejarah kerajaan bercorak buddha
Seperti halnya kerajaan bercorak hindu, kerajaan bercorak buddha memiliki peninggaln sejarah yang hampir sama dengan hindu. peninggalan bercorak buddha tersebut antara lain sebagai berikut :
a. Prasasti
Prasasti bercorak buddha yang ditemukan ialah prasasti kedukan bukit ( 683 M ), prasasti talang tuo ( 684 M ), prasasti bukit siguntang, dan prasasti telaga batu. ketiga prasasti ini ditemukan didekat palembang. prasasti lain adalah prasasti kota kapur ( dekat bangka ) tahun 686 M. prasasti karang berahi ( dekat jambi ) tahun 686 M, dan prasasti palas pasemah ( lampung, akhir abad ke-7 ).
b. Candi
salah satu peninggalan kerajaan buddha di indonesia adalah candi, yaitu
- candi muara tikus
adalah candi peninggalan kerajaan sriwijaya. candi ini merupakan candi tertua dan satu-satunya di sumatra. candi muara tikus terletak di kampar, riau. para ahli purbakala belum dapaat memastikan kapan candi ini didirikan, ada yang mengatakan abad ke-4, abad ke-7, abad ke-9, bahkan pada abad ke-11. namun, candi ini sudah ada pada zaman keemasan sriwijaya.

- Candi borobudur
Borobudur dukelilingi oleh bukit menoreh yang membentang dari timur ke barat, gurung merapi dan gunung merbabu di sebelh timur serta gunung sambing dan gunung sindoro di sebelah barat.
candi ini didirikan pada tahun 824 M ( 746 saka ) oleh raj mataram bernama samaratungga. pada waktu itu, raja-raja mataram berasal dari keturunan syailendra. candi borobudur didirikan untuk menghormati pendiri dinasti syailendra. raja-raja syailendra menganut agama buddha mahayana. dalam perkembangannya candi ini merupakan candi suci agama buddha.
keistimewaan candi ini dindingnya penuh dengan ukiran pahatan yang menggambarkan sejarah agama buddha dan kehidupan rakyat pada masa bangunan didirikan. relief-relief yang terdapat pada dinding candi ini anrata lain sebagai berikut :
a. Karmawibhangga
relief ini menggambarkan berlakunya hukum sebab akibat ( karma ) artinya semua perbuatan baik buruk membawa akibat bagi yang melakukannya.
b. Lalitavistara
berarti kisah sandiwara. kehidupan buddha saat masih bergemilang harta dirasa sangat fana. untuk mencari arti hidup sejati, sang buddha mengasingkan diri dan bertapa. saat sedang bertapa itulah sangbuddha mendapatkan wahyu tentang makna hidup sebenarnya.
b. Awadana dan jataka
Relief ini menggambarkan tentang kehidupan buddha pada masa lalu ( awadana ) dan kisah tentang kepahlawanan orang-orang suci ( jataka )

Baca juga : Pemanfaatan sumber daya alam hayati

- Candi mendut
Didirikan oleh raja indr tahun 824 M. letaknya di sebelah timur candi borobudur. di dalam candi mendut terdapat arca buddha yaitu sakyawuni, padmapani, dan wajrapani.

- Candi kalasan
Berdasarkan prasasti kalasan tahun 778 M, candi kalasan didirikan pad tahun 778 M oleh keluarga syailendra sebagai bangunan suci dewi tara. dewi tara diduga merupakan istri buddha. di dalam candi kalasan terdapat arca dewi tara yang terbuat dari perunggu. candi kalasan terletak di yogyakarta

- Candi-candi di jawa timur
candi di jawa timur yang terpenting adalah candi kidal ( dekat malang ) yang di bangun pada masa anusapati, andi jago ( dekat malang ) yang dibangun pada masa wisnuwardana, candi jawi ( dekat prigen ) dibangun pada masa kertanegara sebagai candi syiwa buddha, dan candi panataran ( dekat blitar )

C. Patung buddha
Patung buddha yang ada di candi borobudur terdiri atas berbagai macam posisi. tiap posisi mengandung makna tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar